STRATEGI PROMOSI (PENGANTAR BISNIS)


 

  • Strategi Promosi

 adalah segala upaya terencana yang dilakukan oleh sebuah bisnis dalam memasarkan suatu produk agar produk tersebut diminati oleh banyak konsumen sehingga nantinya terjadilah transaksi.

  • Pentingnya Merencanakan Strategi Promosi

Hal utama yang harus dipahami dalam menjalankan bisnis adalah dengan memahami apa dan seperti apa strategi promosi itu.

Dengan menerapkan strategi promosi yang tepat, kampanye bisnis yang kamu jalankan tentunya akan mendatangkan banyak pelanggan dan juga penjualan. 

Dalam dunia bisnis di era modern seperti sekarang, menyusun strategi promosi adalah suatu langkah tepat dalam mempromosikan produk agar bisa mendatangkan pelanggan. Sudah banyak kompetitor yang mengeluarkan ide cemerlang dalam mempromosikan produknya ke banyak pelanggan.

Selain itu, dengan merencanakan strategi promosi, lambat laun kamu akan memahami seperti apa kebutuhan serta keinginan dari pasar yang kamu target, serta solusi apa saja yang mereka harapkan.

Cara Merencanakan Strategi Promosi dengan 4 Elemen Utama

Menjalankan suatu promosi tidak boleh asal-asalan karena dibutuhkan pemahaman seperti analisis bagaimana kondisi tempat, waktu, dan bahkan suasana agar promosi dapat berjalan sesuai harapan.

Untuk itu, ada 4 elemen penting yang harus kamu pahami terlebih dahulu agar bisa dikolaborasikan dengan baik dalam perencanaan strategi promosinya, yaitu:

A. Product (Produk)

Produk merupakan salah satu elemen penting dalam strategi promosi, karena menjadi bahan utama yang ditawarkan kepada pelanggan kamu sebagai konsumennya.

Pastikan terlebih dahulu jika kamu sebagai pelaku bisnis mengetahui kebutuhan target pasar dengan baik sehingga memudahkan dalam meningkatkan nilai penjualan produk bisnis.

Produk yang memiliki kualitas baik akan menjadi daya tarik beli bagi pelanggan. Hal tersebut tentunya yang akan dipilih oleh pelanggan karena dinilai mampu bertahan lama saat digunakan.

B. Price (Harga)

Setelah produk yang menjadi faktor penentu sebuah harga, maka unsur penjualan yang kedua adalah price atau harga. Penentuan harga bisa berdasarkan kualitas produkkeunikan produk, atau cerita produk yang dibawa oleh bisnis. 

Namun, kita perlu memahami dalam penentuan harga. Akan lebih baik jika kita memperhatikan kelas sosial (Socio Economic Status) dan juga kondisi pasar yang akan ditarget agar produk bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Jika kita sebagai pelaku bisnis menginginkan semua kalangan agar bisa menggunakan produk yang kita tawarkan, maka harga yang kita tentukan harus sesuai kondisi pasar ataupun sama rata dengan harga produk yang ada di pasar, tentu ini akan jadi sulit.

C. Place (Tempat)

Untuk menentukan unsur satu ini, kamu perlu mengetahui betul lokasi usaha, apakah lokasi yang dipilih sesuai target pasar sebagai tempat berbelanja kebutuhan orang banyak atau tidak. 

Lokasi usaha yang strategis biasanya akan mempengaruhi jumlah pelanggan yang datang, karena bisa diakses dengan kendaraan apapun sehingga memudahkan yang ingin datang. 

Di era modern seperti sekarang penentuan lokasi juga bisa berupa media sosial, website, atau marketplace agar bisa diketahui oleh banyak orang. Melihat perkembangan teknologi semakin canggih, kamu juga perlu memanfaatkan media-media ini untuk sarana promosi. 

D. Promotion (Promosi)

Pada unsur terakhir ini adalah tentang bagaimana proses promosi kepada pelanggan. Tahap ini tidak bisa dihilangkan karena mempengaruhi perusahaan yang kamu dirikan untuk diketahui oleh banyak orang. 

Dalam menentukan proses promosi, kamu bisa melihat berdasarkan dari segi kelas sosial pelanggan, usia, ataupun kepribadiannya sehingga langkah yang kamu lakukan bisa sesuai dan tepat. 

Komentar